Kamis, 25 April 2024 - 12:22:45 WIB - Dibaca : 210 Kali

Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28 di Surabaya

Wabup: Mari Bersatu Bangkitkan Spirit Pembangunan Daerah

Editor: Indra - Rep: Beby Candra - Foto: Pandi Ahmad

SURABAYA, PROKOPIM - Wakil Bupati Bengkalis Dr H Bagus Santoso mengikuti upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024 yang diselenggarakan di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/24). 

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tersebut dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, meski diguyur hujan upacara tersebut tetap berlangsung khidmat, terlihat kepala daerah se-Indonesia dan berbagai tamu undangan lainnya antusias untuk hadir mengikuti upacara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penganugerahan Penghargaan Karya Bhakti Satyalancana kepada sejumlah kepala daerah atas prestasi oleh Presiden Joko Widodo yang diwakili oleh Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat kepada semua pemerintah daerah atas kehadirannya dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun ini. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh usaha yang telah dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah dalam semua bidang. 

Sesuai dengan tema yang diusung Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang sehat.

"Sekali lagi pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih atas seluruh usaha yang telah dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah dalam semua bidang," ucapnya. 

Selanjutnya, Tito Karnavian juga menyampaikan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan pada Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024 kali ini. 

Kemudian jelasnya, sesuai dengan prinsipnya, pemberian penghargaan ini adalah upaya untuk menciptakan iklim kompetitif antara kepala daerah. Sehingga dia berharap, pemberian penghargaan ini akan dapat betul-betul membangkitkan motivasi kepala daerah untuk berkompetisi secara positif. 

"Penghargaan itu tidak dilakukan oleh Kemendagri sendiri, tapi dilakukan oleh panel yang tergabung dari semua unsur pemerintah yang terkait. Termasuk dari garis militer juga mengecek dan kemudian diikuti juga oleh pihak-pihak eksternal, baik akademisi dan lembaga-lembaga internasional yang ada di Indonesia yang kredibel," lanjutnya. 

Mendagri menambahkan, pemerintah daerah patut berbangga padi hari ini, sebab Hari Otonomi Daerah adalah hari yang terbesar bagi jajaran pemerintahan daerah sama hal dengan adanya HUT TNI maupun HUT Polri. 

Sehingga pada kesempatan itu, dia mengajak semua pemerintah daerah se-Indonesia untuk bekerja lebih baik lagi untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya. 

"Selamat melaksanakan dan memperingati Hari Otonomi Daerah, mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik," tutupnya.

Usai mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah Wakil Bupati Bengkalis Dr H Bagus Santoso mengatakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah. 

"Di Usia otonomi daerah kita sudah menginjak 28 tahun, usia yang cukup dewasa untuk terus memacu semangat berotonomi daerah dalam pembangunan daerah," sebutnya. 

Jika kegiatan ini adalah sebagai wadah silaturahmi bagi pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan evaluasi pencapaian terhadap pelaksanaan kebijakan otonomi daerah,  ujar Bagus. 

Otonomi daerah memberikan wewenang seluas-luasnya kepada daerah untuk mengatur daerahnya sendiri, jelasnya.

"Peringatan ini untuk mengingatkan kembali komitmen bersama pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan umum, kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah sebagai tujuan dari otonomi daerah," pungkasnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar