Rabu, 01 Mei 2024 - 12:06:45 WIB - Dibaca : 2953 Kali

Selesai Purna Pugar, Bupati Kasmarni Resmikan Kelenteng Hun Bi Kuan Siak Kecil

Editor: Nurhadi - Rep: Sabariah - Foto: Tim Prokopim

SIAK KECIL, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Kasmarni lakukan pemotongan pita peresmian telah selesainya purna pugar bangunan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hun Bi Kuan Siak Kecil, Rabu (01/05/2024) bertempat di Desa Lubuk Muda.

Selain melakukan pengguntingan pita, peresmian juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Bengkalis.

Hadir saat itu Beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Riau Tarjoko, Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tri Dharma Komda Riau Maria, beberapa tokoh Tiong Hoa Siak Kecil, serta warga masyarakat dan umat Tri Dharma yang menyaksikan persemian kelenteng tersebut.

Bupati Kasmarni dalam arahannya memberikan ucapan selamat dan tahniah atas selesainya pemugaran Kelenteng Hun Bi Kuan yang pada hari tersebut akan diresmikan Kembali pemakaiannya.

“Apresiasi serta ucapan selamat dan tahniah kami berikan kepada pengurus dan masyarakat Tiong Hoa Kecamatan Siak Kecil, atas prakarsa, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntasnya, dalam menyelesaikan pemugaran Klenteng Hun Bi Kuan Siak Kecil ini, hingga terlihat cantik, indah dan megah.” Ucap Kasmarni

Kami berharap lanjut Bupati keberadaan kelenteng ini benar-benar dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya, selain sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Tri Dharma, juga dapat kita jadikan sebagai destinasi wisata religi baru di Siak Kecil, guna memberikan dampak positif dalam meningkatkan kerukunan dan kedamaian antar sesama maupun antar umat beragama di Kabupaten Bengkalis.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Wanita Pertama di Kabupaten Bengkalis itu juga mengapresiasi seluruh partisipasi serta sumbangan yang telah diberikan oleh para donatur dalam pemugaran kelenteng Hun Bi Kuan tersebut.

“Karena pemugaran ini dilakukan berkat partisipasi serta sumbangan dari para donatur dan masyarakat, baik yang ada di Siak Kecil maupun yang ada di perantauan. Semua ini tentunya menjadi bukti bahwa masyarakat Tiong Hoa Kecamatan Siak Kecil, memiliki jiwa persatuan dan semangat yang kuat dalam membangun. Harapan kami, semangat kebersamaan, semangat kegotong royongan, dan semangat membangun ini dapat terus dijaga dan dirawat.” Pinta Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati yang bergelar Kanjeng Mas Tumanggung Kasmarni Purbaningtiyas itu juga minta kepada tokoh-tokoh agama dan pengurus Kelenteng Hun Bi Kuan, untuk senantiasa menjaga, merawat serta membangun hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat dan umat beragama yang ada .

“Kepada tokoh agama dan pengurus Kelenteng bangun serta rawat dan tanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, hubungan kebangsaan, serta persaudaraan atas dasar kemanusiaan, dengan semua masyarakat dan semua agama yang ada di kecamatan ini dengan tetap berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945.” Ucap Kasmarni.

Diakhir arahannya, Bupati yang sudah menyampaikan niat baiknya akan kembali maju sebagai Bakal Calon Bupati Bengkalis pada Pilkada 2024 di Kabupaten Bengkalis itu, mengharapkan doa’ serta dukungan dari masyarakat, khususnya masyarakat Tiong Hoa untuk bersama-sama membangun daerah tercinta Kabupaten Bengkalis.

“Kedepan, kami masih tetap ingin mengabdikan diri di Kabupaten Bengkalis. Kami memiliki niat untuk lebih fokus melanjutkan pembangunan di Negeri Junjungan ini agar kedepannya menjadi lebih bermarwah, maju dan sejahtera. Untuk itu kami mohon do’a serta dukungannya, mari kita perkuat sinergi dan kekompakan dalam pembangunan keberlanjutan di daerah ini.” Pesan Bupati.

Sementara itu dalam laporannya Ketua Panitia pelaksana Fernando mengatakan bahwa TITD Hun Bi Kuan yang dibangun sejak tahun 1905 tersebut sudah mengalami dua kali pemugaran.

"Sejak berdiri tahun 1905 Kelenteng Hun Bi Kuang ini awalnya bangunan papan telah dilakukan pemugaran pertama pada tahun 1989, dan pada tahun 2018 kembali dilakukan pemugaran kedua, agar bangunan lebih refresentatif dan dapat menampung umat Tri Dharma yang semakin ramai saat ini". Ucap Fernando.


Berita Lainnya

Tulis Komentar