Rabu, 06 Februari 2019 - 18:02:38 WIB - Dibaca : 604 Kali

Sempena Rakor Persiapan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

Hj Umi Kalsum : Pemda Siap Dukung Kelancaran Pemilu Serentak 2019

Editor: Nurhadi - Rep: Beby Candra - Foto: Pandi Ahmad
Teks foto: Hj Umi Kalsum Didampingi Kapolres Bengkalis dan Ketua KPU Bengkalis Saat Acara Rakor Pemilu 2019
BENGKALIS,  HUMAS - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum hadiri  Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum serentak 2019, Rabu (06/02), di Ball Room Marina Hotel. 
 
Kegiatan yang ditaja langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis tersebut bertujuan agar pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.
 
Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kelancaran dan kesuksesan pemilu terutama di Negeri Junjungan ini.
"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait baik KPU sebagai lembaga tekhnis maupun Polri dan TNI sebagai pengamanan Pemilu dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2019 ini," jelas Umi.
 
Semoga pada pelaksanaan pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 nantinya sambung Umi Kalsum akan berjalan dengan sukses, lancar, aman dan damai. mari bersama-sama kita bekerja, bergandeng tangan saling bahu membahu, ibarat pepatah "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" karena seberat apapun beban pekerjaan yang kita hadapi jika dituntaskan secara bersama sama maka akan terasa ringan dan hasil yang didapatkan pasti memuaskan.
 
Selain itu Umi Kalsum juga meminta kepada Badan maupun Bagian yang terlibat secara langsung dalam menyukseskan Pemilu 2019 ini agar dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam setiap kesempatan. 
 
"Surati dan berikan lagi himbauan kepada seluruh Dinas, Badan, Camat, Kepala Desa bahkan ASN untuk Netral dan ikut serta mensosialisasikan serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Pemilu 2019 ini dalam setiap kesempatan,  agar masyarakat kita punya keinginan yang kuat untuk hadir ke TPS dan memberikan hak suaranya yang secara otomatis dapat pula meningkatkan persentase partisipasi masyarakat demi kesuksesan Pemilu.  Pinta Umi.
 
Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar, dalam sambutannya juga menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para partai politik (Parpol) terkait peraturan yang telah ditetapkan KPU Pusat ke KPU Kab/Kota. Yakni terkait surat suara dan kotak suara. 
"Di Tempat Pemungutan Suara (TPS)  kita diberikan 5 lembar surat suara dengan warna kertas suara yang berbeda,  untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden kertas suara warna abu-abu,  untuk DPD-RI kertas suara warna merah,  untuk DPR-RI warna kuning,  DPRD Provinsi kertas suara warna biru,  DPRD Kab/Kota kertas suara warna hijau", jelas Defitri.
 
Kemudian daripada itu Defitri juga mengatakan Saat ini kita telah memasuki tahapan kampanye dan tahapan data pemilih, adapun data pemilih dimaksud adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan Baru (DPTB) serta Daftar Pemilih Khusus (DPK).
 
"Untuk kategori DPTB adalah orang yang tidak bisa memilih ditempat TPSnya atau berhalangan tugas maka harus mengurus surat pindah memilih, sedangkan untuk DPK masyarakat yang sudah memiliki identitas seperti E-KTP tapi belum termasuk kedalam DPT" jelasnya.
 
Diakhir arahannya Defitri mengatakan tentang kelengkapan kotak suara saat ini telah diterima sebanyak 1726 buah namun dengan adanya perubahan katanya akan ada tambahan lagi dari 1726 menjadi 1800 buah.
 
Sementara itu Kapolres Bengkalis Yusuf Rahmanto dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua KPU yang telah melaksanakan kegiatan rakor pemilu ini, dengan terlaksananya kegiatan ini paling tidak kami tahu dan ingat kembali akan tahapan-tahapn yang telah,sedang dan akan dilaksanakan pada Pemilu tahun ini.
 
untuk menyukseskan Pemilu tahun ini sambung Yusuf, kami Dari Kaplores Bengkalis akan menurunkan sebanyak 3600 personil dari Polres dan Bhabinkamtibmas.
 
"Personil tersebut akan ditugaskan untuk menjaga keamanan di TPS yang ada di Kabupaten Bengkalis" jelas Yusuf.
Tanpak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesbangpol Bengkalis, Hermanto Baran, perwakilan dari Bawaslu Bengkalis Usman serta  pimpinan partai politik di Kabupaten Bengkalis.

Berita Lainnya

Tulis Komentar