Rabu, 03 Juli 2024 - 22:19:03 WIB - Dibaca : 162 Kali

Buka MTQ Ke-19 Tingkat Kecamatan Siak Kecil, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Tingkatkan Interaksi Dengan Alquran

Editor: Indra - Rep: Beby Candra - Foto: Beby Candra
Teks foto: Bupati Kasmarni didampingi Wabup Dr. H. Bagus Santoso saat menyampaikan arahannya pada pembukaan MTQ ke-19 tingkat Kec. Siak Kecil.

SIAK KECIL, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis Dr H Bagus Santoso secara resmi membuka MTQ ke-19 tingkat Kecamatan Siak Kecil, Rabu (3/7/2024) malam, bertempat di Halaman Kantor Camat Siak Kecil. 

Kegiatan multi cabang lomba ini diikuti kafilah dari 17  Desa se-Kecamatan Siak Kecil yang berlangsung mulai tanggal 3 s.d 9 Juli 2024. 

Dalam sambutannya, Bupati Kasmarni mengharapkan agar ajang MTQ ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas interaksi masyarakat dengan Al-qur’an, baik dengan cara membaca, mentadabburi serta menggali nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

"Jika pengamalan nilai-nilai Al-qur’an dapat kita lakukan secara konsisten dan berkelanjutan, ianya pasti akan menjadi point penting dalam upaya kita mencetak generasi cerdas, beriman, berkarakter dan bertaqwa, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera", ucap Bupati.

Selain itu Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas mengingatkan, penanaman nilai qur’ani dalam kehidupan masyarakat tidak cukup dengan retorika dan pelaksanaan MTQ ini saja, akan tetapi perlu aksi nyata dari seluruh komponen yang ada, baik itu Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, para guru, pengurus masjid dan mushalla, termasuk penyuluh agama, serta pihak lainnya, dengan memberikan contoh kehidupan yang bernilai qur’ani ditengah-tengah masyarakat.

Apalagi saat ini daerah kita Kabupaten Bengkalis sudah bergerak maju tambah Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bengkalis ini, hal tersebut dibuktikan dengan berbagai prestasi, serta telah terlaksananya misi dan program unggulan daerah. 

Seperti program bantuan keuangan khusus satu milyar satu kecamatan, satu kelurahan dan satu desa. Alhamdulillah, wujud perhatian kami kepada desa, pada tahun 2023 yang lalu, kita menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang telah menerima penghargaan tingkat madya dalam percepatan pembangunan desa dari Menteri Desa dan PDTT RI. 

Begitu pula dalam program akses jaminan sosial dan kesehatan total bagi masyarakat, salah satu diantaranya dengan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan 100% bagi Non ASN dan kepada 24.000 orang pekerja rentan seperti buruh, petani, peternak, nelayan, dan perangkat desa yang ada di daerah ini.

"Alhamdulillah, buah dari program tersebut, kita telah meraih penghargaan terbaik I paritrana award tahun 2024 dari Gubernur Riau. istimewanya lagi, pada tahun 2024 ini, kami akan mengalokasikan anggaran untuk jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 10.000 orang pekerja ekosistem sawit, melalui dana bagi hasil sawit", jelas Kasmarni.

Sementara itu sebagai wujud konsistensi kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis tambah Bupati, dalam mematuhi standar akuntansi dan tata kelola keuangan yang baik, serta telah menunjukkan konsistensi dan integritas dalam menjalankan roda pemerintahan, kita juga telah meraih opini WTP yang ke 11 (sebelas) kalinya secara berturut-turut dari BPK-RI Perwakilan Riau. Dan baru-baru ini, pada tanggal 28 Juni 2024 yang lalu, sebagai wujud kepedulian kami dalam pembangunan keluarga sejahtera di daerah ini, kami juga telah dianugerahi penghargaan manggala karya kencana dari BKKBN RI. Tutup Bukkas.

Diakhir arahannya, Datuk Seri Setia Amanah Negeri Masyarakat Kabupaten Bengkalis tetap mengharapkan doa serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar program pembangunan bisa berjalan baik dan berkelanjutan.

Hadir pada pembukaan MTQ tersebut, Sekda Bengkalis dr Ersan Saputra TH,  Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Zuhandi, Tim Percepatan Pembangunan Mustafa Kamal dan Suparjo, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Camat Siak Kecil Syahnan Adi Kusuma, Polsek Siak Kecil Ipda DR (Candra) Eko Wahyu NB, Danramil 0303 Bukit Batu/Siak Kecil Letda Info Erli, Ketua LPTQ Kecamatan Siak Kecil Nicky Hatman Ramdani, Ketua DPH LAMR Kecamatan Siak Kecil Datuk Abdul Latif, KUA Siak Kecil Syahril, serta Para Pejabat Tinggi Dilingkup Pemkab Bengkalis dan undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar