Jumat, 26 Juli 2024 - 15:18:42 WIB - Dibaca : 1077 Kali

Pemkab Bengkalis Akan Jalin Kerjasama Dengan BRIN

Editor: Indra - Rep: Zahirman Agus - Foto: Khairudin

BENGKALIS, PROKOPIM – Usai menerima audiensi bersama civitas Universitas Islam Riau (UIR) Bupati Bengkalis Kasmarni sambut kedatangan rombongan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Jum’at (26/7/2024), bertempat di Wisma Sri Mahkota Kabupaten Bengkalis.

Kedatangan Rombongan BRIN langsung dipimpin Staf Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Awaluddin didampingi Ketua STAIN Bengkalis Dr. H. Abu Anwar, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Jhony Custer, Environmental Coexistence Assistant Professor CSEAS–Universitas Kyoto Dr. Mariko Ogawa, Environmental Coexistence Professor CSEAS–Universitas Kyoto Dr. Osamu Kozan.

Dihadapan Bupati Kasmarni, Staf Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, BRIN Awaluddin mengatakan saat ini BRIN sudah memasang alat radar di Kampus STAIN Bengkalis dengan radius 70 KM.

Alat ini diperuntukkan untuk monitoring cuaca, kebakaran lahan dan kabut asap di wilayah Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya.

“Dengan terpasangnya alat tersebut dan setelah kita riset jadi tahu apa yang akan terjadi di Kabupaten Bengkalis, baik itu Karhutla, abrasi, longsor, kabut asap dan bahkan pertanian dan perikanan”, ucap Awal.

Kemudian Awal menambahkan kita juga akan memasang 10 unit kualitas udara yang akan memantau cuaca yang ada di Bengkalis, alat ini juga sangat membantu bagi Dinas Damkar terkait Karhutla.

Bupati Bengkalis Kasmarni dikesempatan tersebut menyambut baik kehadiran rombongan BRIN di Kabupaten Bengkalis, menurutnya apa yang disampaikan Staf Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, BRIN Awaluddin sangat membantu Pemkab Bengkalis.

Untuk itu kami secepatnya akan membentuk Tim Percepatan yang akan langsung dipimpin Kepala Bappeda. 

“Kalau memang ada yang bisa kita kerjasamakan melalui BRIN secepatnya kita lakukan, karena melalui penelitian bisa dijadikan referensi kami untuk mengembangkan program Pemkab Bengkalis”, ucap Bukkas.

Kami siap bekerjasama untuk tujuan kebaikan bagi masyarakat. Hasil ini bisa kita tindaklanjuti dengan kerjasama dan kolaborasi. 

“Hari ini kita hanya Membicarakan soal penanganan abrasi dan karhutla, tapi penanganannya secara terpusat dan teknologi tidak kita lakukan. Semoga melalui Kerjasama dengan BRIN permasalahan yang terjadi dapat kita atasi dan meminimalisirnya,” tutup Bupati.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Bengkalis dr Ersan Saputra, Kepala Bappeda Rinto, Kadis DLH Basuki Rahmad, Kadis Perikanan Khodijah, Kepala BPBD Supandi, Kadis PUPR Ardiansyah dan Sekretaris Damkar Hasbullah.


Berita Lainnya

Tulis Komentar