Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:47:47 WIB - Dibaca : 2210 Kali

Berbusana Adat Minang Kabau, Bupati Kasmarni Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Editor: Indra - Rep: Halimatussa’diah dan Maryam - Foto: Sudiyo dan Muhammad Imam Lutfi
Teks foto: Bupati Bengkalis Kasmarni Saat Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-79.

BENGKALIS, PROKOPIM - Dengan berbusana nuansa adat Minang Kabau berwarna merah orange dan dipadukan hiasan kepala suntiang minang, Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso yang berbusana nuansa adat jawa berwarna hitam, Sabtu (17/08/2024) mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.


Tepat pukul 09.40 WIB, Upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Bengkalis bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Bengkalis Kasmarni, Perwicara Upacara AKP Ikwan Widaemono.

Berlangsung khidmat, upacara detik-detik proklamasi ini diawali dengan Penghormatan Kebesaran dan laporan Komandan Upacara yakni Ipda Fachri Muhammad Mursyid kepada Bupati Bengkalis. Setelah itu ditandai dengan penyalaan suara sirine selama 1 menit, dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Pimpinan DPRD Bengkalis Sofyan diikuti dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H. Khaidir. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka sang merah putih yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.


Adapun untuk Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas yakni pembawa baki Zahwa Mecca Agustian, asal SMAN 1 Bengkalis, lalu yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Dimas Rizki Rahmadani, Mohd. Faiz Al Nishti, yang juga dari SMAN 1 Bengkalis.


Sedangkan sebagai penggerak bendera merah putih yakni Muhammad Ikhsan dari SMAN 1 Mandau, penggiring bendera yakni Zahwa Ramadhaneysha, asal sekolah SMAS IT Mutiara Kecamatan Mandau, Reyva Auleria Apriyon dari SMAN  3 Mandau, Khaira Celsi Fitri asal sekolah SMAN 2 Mandau dan Rohella Elfiantri dari SMAN  2 Bengkalis.


Usai mengikuti upacara, Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan ucapan selamat HUT RI ke 79. Semoga diusianya yang ke-79 Indonesia dapat menjadi negara terus melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah.


Apalagi lanjutnya, peringatan HUT RI Ke-79 hari ini berbeda dari sebelumnya, karena pada tahun ini, bersamaan dengan tiga momentum penting yakni, menyonsong ibu kota baru, yang tahun ini pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), perpindahan tongkat estafet kepemimpinan presiden, dan Indonesia Emas 2045 yang merupakan visi besar yang dicanangkan Pemerintah Indonesia.

“Mari seluruh lapisan masyarakat Negeri Junjungan ini untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa melalui semangat gotong royong dan inovasi, sehingga dapat menghadapi tantangan global dan memanfaatkan peluang di era digital dengan lebih baik serta mampu merubah bangsa, negara dan daerah ini menjadi lebih bermarwah, lebih maju dan lebih sejahtera di masa hadapan,” ajak Bukkas.


Turut hadir Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis Dr. Sri Odit Megonondo, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rahmatullah Ramadan, Danposal Pos Bengkalis Letda Laut (P) Arisman, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis Agnes Pramudya, Kepala Bea dan Cukai Bengkalis, diwakili Yanto.

Kemudian Sekretaris Daerah Bengkalis, dr. Ersan Saputra.TH, para Asisten, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Bupati, seluruh Kepala Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta para peserta apel dari TNI, POLRI, ASN, Mahasiswa, siswa dan tamu undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar