Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:19:29 WIB - Dibaca : 396 Kali

Bupati Bengkalis Hadiri Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2024 di KPU.

Editor: Nurhadi - Rep: Asih Ismayuni - Foto: Iqbal

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Andris Warsono menghadiri  Rapat Koordinasi yang ditajak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, bertempat di Aula Pertemuan Kantor KPU Bengkalis Sabtu (24/08/2024).

Rakor tersebut dihadiri Kapolres Bengkalis diwakili Kompol Nurman selaku Kepala perencana dan pengendali (Karendal) operasi antik, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasi Ops Kapten Czi Suratmin, Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis, pompinan partai politik, ormas dan juga beberapa perangkat daerah.

Dalam rakor tersebut membahas persiapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis pada pilkada serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Agung kurniawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rakor ini guna menyatukan persepsi dan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam memantapkan persiapan pemilihan serentak kepala daerah di kabupaten Bengkalis.

"KPU Bengkalis berkomitmen untuk memastikan semua tahapan Pilkada 2024 berjalan lancar dan sesuai aturan, demi terciptanya pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil", ungkapnya.

Pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2024 mendatang sambung Agung, akan dibuka pendaftaran calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, setelah itu akan dilanjutkan dengan tes kesehatan pada tanggal 30 sampai dengan 31 Agustus 2024.

Untuk test kesehatan sambungnya, pada awalnya KPU Bengkalis akan melaksanakan cek medis tersebut di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bengkalis, yaitu RSUD Bengkalis atau RSUD Mandau.

Namun, karena kedua fasilitas kesehatan di Negeri Junjungan tersebut tidak memiliki Magnetic Resonance Imaging (MRI), akhirnya KPU Bengkalis memutuskan cek paslon Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

"Maka dari itu kami KPU mengundang para pimpinan stakeholder pada hari ini agar dapat mengkoordinasikan terkait point penting dalam syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi para Pasangan Calon,” ungkapnya.

Kemudian kami berharap ucap mantan Ketua PPK Mandau itu, kepada Stakeholder baik Pimpinan Parpol maupun organisasi masyarakat selama pilkada nantinya, agar dapat mentaati jadwal yang sudah ditetapkan, termasuk untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga pelaksanaan pilkada dan hari pencoblosan nantinya dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Sementara itu Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Andris Warsono dalam arahannya berharap kepada KPU agar bersama-sama tetap menjaga prosedur pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini, sehingga pemilihan yang dilaksanakan Kabupaten Bengkalis nantinya bisa aman dan terkendali serta sukses,” pungkasnya.

Sedangkan Kapolres Bengkalis diwakili Kabag Ops Kompol Nurman dalam sambutannya menyampaikan guna terciptanya pesta demokrasi yang aman, damai dan lancar, Polres Bengkalis akan menyiapkan 50 personil yang bertugas di Kantor KPU.

Sedangkan pada tahapan pencoblosan nantinya, Polres Bengkalis juga akan menurunkan sebanyak 284 personil yang akan bertugas menjaga di setiap TPS.

Hal yang sama disampaikan Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasi Ops Kapten Czi Suratmin, pihak TNI akan melibatkan 260 personil yang akan mengamankan jalannya tahapan Pilkada di Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar