Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:55:53 WIB - Dibaca : 345 Kali

Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis Ikuti Rakernas Tahun 2024 Secara Virtual

Editor: Indra - Rep: Nuratika - Foto: Halimatuss'adiah
Teks foto: Foto Bersama Pada Rakernas Tahun 2024 Secara Virtual Melalui Zoom Meeting.

BENGKALIS, PROKOPIM - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkalis, Hj. Siti Aisyah mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2024 secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (28/8/2024) di Ruang Rapat Rumah Dinas Wakil Bupati Bengkalis.

Rakernas Tahun 2024 ini di buka dan dipimpin langsung oleh Wury Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum Dekranas Pusat, ditandai dengan pemukulan gong dan diikuti oleh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutan Ketua Umum Dekranas mengatakan bahwa Dekranasda memiliki tanggungjawab besar untuk membimbing dan memotivasi para pengrajin agar dapat berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya yang memberikan kesejahteraan melalui kegiatan usaha yang mapan, terutama pada generasi muda saat ini.

“Ini tentunya releven dengan tema Rakernas kita pada hari ini, yakni Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya Bangsa. Dimana generasi muda bisa mendorong dan mengembangkan warisan berupa produk kerajinan tanah air dengan berbagai kemanfaatan sumberdaya yang dimiliki,” kata Wury Ma’ruf Amin.

Kemudian tambah Wury, Indonesia memilki kekayaan budaya yang sangat beragam yang bisa kita jadikan inspirasi dalam menciptakan produk kerajinan yang bernilai tinggi. Selain itu membuka peluang untuk menjual produk di pasar Internasional tanpa harus melalui distribusi konvensional.

Apalgi diera globalisasi saat ini, sambung Wury, industri kerajinan mengalami tantangan mulai dari persaingan global, perubahan pasar hingga perkembangan tekhnologi, namun dibalik tantangan tersebut terdapat peluang besar yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan.

“Maka dari itu, kita dituntut senantiasa bersinergi dan bisa bersaing guna menciptakan ekosistem kerajinan yang solid dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia,”tegas Wury.

Selain itu Istri Wakil Presiden Indonesia ini juga menyampaikan bahwa Rakernas Tahun 2024 ini, merupakan Rakernas terakhir yang diikuti, maka dari itu, diharapkan apa yang telah dilaksanakan Dekranasda ini dapat menjadi acuan untuk pimpinan Dekranasda Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang akan datang.

“Apa yang telah menjadi program dapat diteruskan dan diperbaharui agar Dekranasda lebih baik lagi untuk kedepannya lagi,” tutup Wury.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis, Hj. Siti Aisyah usai mengikuti Rakernas tersebut mengatakan, Kabupaten Bengkalis siap melaksanakan program kerja Dekranasda seperti yang telah disampaikan, semoga dengan mengikuti program kerja tersebut Dekranasda Kabupaten Bengkalis dapat menciptakan pengrajin dan produk kerajinan unggulan serta mengembangkan sektor industri di Negeri Junjungan ini.

Ikut mendampingi pada zoom meeting Rakernas Tahun 2024 tersebut Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis, Ira Vandriyani, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Bengkalis, Zulfan, Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bengkalis, H Alfakhrurrazy, Wakil Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bengkalis, Nurliana Arifianti, Bendahara Dekranasda Kabupaten Bengkalis, H Asmalia Raynisanti, Anggota Bidang Daya Saing, Hj Wan Safrida, Anggota Bidang Usaha, Sri Sukarti dan Rusi Evanita, Bidang Kemitraan, Sewinita Idson, Bidang Wira Usaha Baru, Muslim dan Bidang Promosi dan Humas, Said Busra Mufrizal.


Berita Lainnya

Tulis Komentar