Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:10:22 WIB - Dibaca : 205 Kali

Buka Raker PKK, Pjs Bupati Bengkalis Harapkan Program Pokok PKK Harus Sinergi Dari Pusat Hingga Desa

Editor: Indra - Rep: Nuratika - Foto: Asih ismayuni

BENGKALIS, PROKOPIM- Pjs Bupati Bengkalis, Akhmad Sudirman Tavipiyono berharap Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis dapat mengevaluasi dan mensinergikan Program Prioritas PKK dari tingkat Pusat sampai ketingkat Desa, supaya berdaya dan berhasil guna dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

Apabila setiap rencana program dan kegiatan yang telah disusun secara bersama melalui sinergitas dan kemitraan yang baik, terukur dan terarah, tentunya secara bersama-sama pula Tim Penggerak PKK di semua tingkatan, akan mampu membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan perempuan dan keluarga yang bermarwah, maju serta sejahtera.

Demikian disampaikan Pjs Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri saat membuka Rapat Kerja Penyusunan Program Kerja Prioritas Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Kabupaten Bengkalis, Selasa (15/10/2024) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Bengkalis.

Dikatakan Johan sebagai mitra kerja pemerintah daerah, tentunya TP PKK memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pembangunan di daerah ini. Karena dengan kekuatan kelembagaan yang terstruktur sampai ditingkat desa dan kelurahan, serta didukung oleh kader-kader militan yang bekerja dengan penuh dedikasi telah mampu menjadikan TP PKK sebagai mitra, dalam pelaksanaan pembangunan yang berkualitas dan professional.

Oleh karenanya, TP PKK harus membangun strategi kemitraan yang saling mendukung. Agar tim penggerak PKK mampu menghadapi berbagai tantangan, berbagai perubahan serta permasalahan yang semakin kompleks kedepannya, terutama terkait dengan program prioritas yang menjadi isu strategis pada tahun 2025 nanti, yakni penanganan stunting, pelayanan posyandu, perencanaan sehat serta penguatan ketahanan pangan, ujar Johan.

"Dengan keikut sertaan dan sinergi TP PKK di semua tingkatan, untuk ikut berdiskusi serta mencarikan solusi dari setiap permasalahan serta tantangan yang ada, melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, hendaknya dapat terus ditingkatkan," harap Johan.

Apalagi selama ini, lanjutnya, TP PKK telah mampu membuktikan dirinya dalam menyukseskan berbagai program pemerintah melalui program kemitraannya, seperti dalam program kesehatan, penurunan angka stunting dan KB, kegiatan posyandu dan penyuluhan keluarga berencana, serta program-program lainnya.

Sementara Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Nunung Susilaningsih Akhmad dalam sambutannya menyampaikan salam perkenalan kepada  Pengurus Tim Penggerak PKK dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten karena hari ini adalah jumpa perdananya dalam kegiatan PKK.

"Saya mendapat amanah selama lebih kurang 2 bulan ke depan untuk menggantikan tugas ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis yang sedang dalam masa cuti kampanye pada pemilihan kepala daerah 2024. Semoga kedatangan saya dalam bertugas dapat diterima dengan baik dan dalam waktu yang singkat ini, "pinta Nunung.

Kemudian istri dari Pjs Bupati Bengkalis ini mengatakan Rapat Kerja yang diselenggarakan hari ini sebagai wadah konsolidasi untuk mengevaluasi program tahun sebelumnya serta menyusun program strategis untuk tahun 2025 mendatang.

Rapat Kerja ini juga menjadi wadah untuk berbagi usulan, ide dan inovasi-inovasi lainnya untuk mewujudkan program kerja yang efektif, relevan dan tepat sasaran bagi masyarakat luas di Kabupaten Bengkalis. Selain itu juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas, kompetensi dan partisipasi bagi Pengurus Tim Penggerak PKK.

"Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya berharap Pengurus PKK dan Kader PKK dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan 10 program pokok PKK sebagai partisipasi dalam membangun Kabupaten Bengkalis, "pungkasnya.

Turut hadir Wakil Ketua   TP PKK Bengkalis, Ira Vandriyani Ersan, Wakil Ketua II, Yuhelmi, Wakil Ketua IV Hj Rita Puspa dan seluruh peserta Raker TP PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar