Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:50:29 WIB - Dibaca : 1150 Kali

Pjs Bupati Hadiri Pelantikan Wakil Pimpinan DPRD Provinsi Riau

Editor: Indra - Rep: Sabariah - Foto: Maryam

PEKANBARU, PROKOPIM - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi menghadiri acara Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Provinsi Riau masa jabatan 2024-2029, Kamis (24/10/2024) di Ruang Sidang Paripurna, Gedung DPRD Provinsi Riau, Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Riau sementara, Ma’mun Solikhin, dan dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Riau Rahman Hadi, Anggota DPRD Provinsi Rau, Pimpinan Partai Politik, mantan Gubernur Riau dan Bupati se-Provinsi Riau serta tokoh Masyarakat lainnya.

Pelantikan 3 wakil ketua secara berurutan adalah Parisman Ihwan dari Partai Golkar, Ahmad Tarmidzi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Budiman Lubis dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dilantik langsung oleh Ketua Pengadilan Tnggi Riau Dr. H. Siswandriyono, S.H.,M.Hum.

Urutan pimpinan DPRD Riau ini ditentukan berdasarkan hasil Pemilu Riau 2024, di mana PDIP, Partai Golkar, PKS, dan Gerindra menjadi partai-partai pemenang dengan suara terbanyak di Provinsi Riau. Partai pemenang memiliki hak untuk menempatkan kadernya pada posisi pimpinan sesuai dengan urutan perolehan suara dalam Pemilu.

Pengangkatan pimpinan DPRD Riau ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia dengan nomor 100.2.1.4-4320 tahun 2024.

Kala itu Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi mengucapkan "Selamat kepada pimpinan rakyat yang resmi dilantik. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis berharap seluruh Pimpinan DPRD provinsi Riau yang baru saja di lantik agar senantiasa menjaga amanah serta lebih berperan aktif mengawal aspirasi masyarakat Provinsi Riau.

Selain itu, momentum pelantikan Wakil Pimpinan DPRD Provinsi Riau ini juga diharapkan mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkalis, ungkapnya.

Tampak hadir Bupati ke 14 Amril Mukminin, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Septian Nugraha.


Berita Lainnya

Tulis Komentar