Senin, 28 Oktober 2024 - 15:02:45 WIB - Dibaca : 94 Kali

Pjs Bupati Hadiri Peringatan Hari Santri Provinsi Riau, Ribuan Santri Padati Lapangan Tugu Bengkalis

Editor: Indra - Rep: Wili Nur karisma - Foto: Iqbal

BENGKALIS, PROKOPIM - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono hadir dan mengikuti Pelaksanaan Apel Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis, Senin (28/10/2024) pagi bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.

Tahun ini, Kabupaten Bengkalis ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Santri tingkat Provinsi Riau. Pelaksanaan kegiatan ini, dipusatkan di Pulau Bengkalis, tepatnya di Lapangan Tugu Bengkalis yang diikuti ribuan santri se Provinsi Riau.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan Pjs Akhmad Sudirman Tavipiyono menjelaskan pentingnya memperingati Hari Santri dalam rangka mengenang peran besar para kiai, ulama dan santri dalam perjuangannya melawan dan mengusir penjajah dari bumi Indonesia melalui resolusi jihad yang prakarsai oleh KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

Dengan mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”. Tema HSN 2024 tersebut adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa. Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat.

“Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena,”ungkap Tavip.

Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.  

Maka kepada para santri Tavip berpesan, “rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan indonesia.”

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada para pemenang Pencak Silat Santri Championship IV 2024 dan Perkemahan Santri Daerah Tahun 2024 oleh Pjs Bupati didampingi Sekretaris Daerah Ersan Saputra selaku Ketua Umum Panitia. Dan ditutup dengan penampilan spektakuler, yakni penampilan silat, yang terdiri dari atlit silat utusan pesantren se-Provinsi Riau.

Untuk diketahui, peringatan HSN tingkat Provinsi Riau pada 27-28 Oktober 2024 di Kabupaten Bengkalis ditaja oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Provinsi Riau.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 4000 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Riau, terdiri dari pimpinan pondok pesantren, guru dan tenaga kependidikan, serta santri dan santriwati.

Selain itu kegiatan Hari Santri 2024 diwarnai pula dengan Upacara Apel Peringatan Hari Santri 2024, Perkemahan Hari Santri, Expo dan Pameran Hari Santri dan Masyarakat se Indonesia, Seminar Pendidikan dan Kepesantrenan, Santri Bersholawat dan Pencak Silat Championship se Provinsi Riau. 

Terlihat hadir pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenag se Provinsi Riau, Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Provinsi Riau Muhammad Mursyid, Ketua Pelaksanaan Hari Santri tingkat Provinsi Riau Muhammad Pamuji, 

Anggota DPRD Zamzami, Anggota Forkopimda Kab.Bengkalis, Sekretaris Daerah Bengkalis Ersan Saputra TH, Danlanal Arisman, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua MKA LAMR Bengkalis dan seluruh Pimpinan Pondok Pesantren se-Provinsi Riau.


Berita Lainnya

Tulis Komentar