Selasa, 31 Oktober 2017 - 15:46:36 WIB - Dibaca : 2023 Kali

Lima Fakta Unik Membanggakan Dari Asian Games 2018

Editor: Zuriat Abdillah - Rep: Babam Suryaman - Foto: Internet
Teks foto: Logo Asian Games 2018
Perhelatan Asian Games 2018 sudah di depan mata. Baik pemerintah maupun masyarakat umum tengah menanti perhelatan akbar tersebut. Segala persiapan menyambut Asian Games pun sudah banyak dilakukan, seperti renovasi di kawasan Jakabaring Sport City, pembangunan LRT, flyover dan lainnya.
 
Namun ada keunikan yang membanggakan dari perhelatan Asian Games 2018 yang perlu diketahui masyarakat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis, seperti dilansir dari laman resmi Asian Games 2018, yaitu:
 
1. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
 
Seperti yang sudah diketahui masyarakat, bahwa pertumbuhan ekonomi akan memiliki dampak yang cukup besar dalam penyelenggaraan Asian Games, tidak hanya itu saja Asian Games 2018 membawa dampak besar dalam sektor Pembangunan Infrastrukur Kota yang membawa perusahaan Asing melakukan investasi di Indonesia, terutama Jakarta dan Palembang. Pertumbuhan Ekonomi dalam kaitannya dengan Asian Games diperkirakan akan meningkat di atas 10 persen, dan membuat pasar modal Indonesia menjadi semakin baik, selain itu seiring berjalannya waktu, Asian Games akan menguatkan Rupiah. Hal itu juga akan membawa dampak baik bagi perekonomian Indonesia.
 
Tentu semua masyarakat Indonesia berharap bahwa semua sektor dari mulai Pembangunan, Ekonomi, Peningkatan Investor, Penyedian Lapangan Kerja, Pasar Global, Penguatan Rupiah ke Dolar semakin baik membuat ekonomi Indonesia memiliki prospek yang baik untuk kedepan dan menyejahterakan Indonesia. Sebagai contoh Palembang, jika tidak ada Asian Games mungkin LRT juga masih lama akan dibangun di Palembang, seperti Penambahan JalanTol Sumatera, dan perbaikan Sektor Olahraga. Asian Games diperkirakan akan memiliki dampak yang sangat baik untuk Pelembang, Jakarta, dan Indonesia di mata dunia.
 
2. Daftar Stadion Asian Games 2018
 
Pelaksanaan Asian Games 2018, selain membuat infrastruktur semakin membaik, hal tersebut juga berpengaruh pada pembangunan dan perbaikan beberapa stadion untuk pelaksanaan Asian Games. Dari semua cabang olahraga yang sudah dipersiapkan, sebagian cabang olahraga akan dilaksanakan di Jakarta, selebihnya akan dilaksanakan di Palembang, hal itu untuk memaksimalkan Asian Games 2018. Adapun daftar stadion Asian Games 2018 yang sudah di persiapkan:
 
Stadion GBK
Stadion GBK umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional dengan kapasitas awal sekitar 100.000 orang. Di Asian Games 2018 ini stadion GBK di pilih untuk opening dan closing ceremony Asian Games 2018. Lengkap dengan beberapa perbaikan yang sudah dilakukan, seperti pergantian bangku penonton menjadi lebih nyaman serta berwarna merah putih melambangkan bendera Indonesia, dan stadion GBK ini menjadi daftar stadion Asian Games 2018 terbesar di indonesia dan bertaraf internasional.
 
Stadion Gelora Sriwijaya
Stadio Gelora Sriwijaya yang terletak di Jakabaring Sport City atau Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatra, memiliki kapasitas 40 ribu orang. Stadion Gelora Sriwijaya ini merupakan salah satu daftar stadion Asian Games 2018  terbesar ketiga se-Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran.
 
Saat ini fasilitas yang ada di Jakabaring terdiri dari Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Lapangan Tenis Bukit Asam, Stadion Atletik, Stadion Akuatik, Gedung GOR Ranau (Badminton), Gedung GOR Dempo (Senam), Arena Baseball dan Softball, Stadion menembak, Arena Ski Air, Arena Voli Pantai, Arena Panjat Dinding, Arena Sepatu Roda, Arena Petanque. Kawasan ini pun dilengkapi fasilitas pendukung seperti Wisma Atlet dan Gedung Sport Science.
 
3. Ada 45 Negara Peserta Asian Games 2018
 
Ada sekitar 45 Negara Peserta Asian Games 2018, di mana pada saat sosialisasi dan promosi Road To Asian Games 2018, terdapat 45 bendera negara yang diikuti secara keseluruhan, hampir secara umum meski ada beberapa negara yang ada di Benua Asia tidak ikut serta pada penyelenggaraan Asian Games. Hal ini memberikan dampak positif bagi pariwisata di Indonesia.
 
4. Ada 37 Cabang Olahraga Asian Games 2018
 
Terdapat 37 Cabang Olahraga yang sudah dipersiapkan menuju Asian Games 2018 yang nantinya akan dibagi menjadi dua tempat yaitu Palembang dan Jakarta sebagai tuan rumah bersama. Banyaknya cabang olahraga tersebut bermaksud membangkitkan semangat pemuda Indonesia untuk meraih prestasi di cabang olahraga yang mereka geluti.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar