Kamis, 09 Agustus 2018 - 12:25:55 WIB - Dibaca : 2057 Kali

Sempena Hari Ulang Tahun Pramuka ke-57

Kwarcab Bengkalis Gelar Bakti Sosial Pramuka Peduli Sampah

Editor: Muhammad Fadhli - Rep: Sudiyo - Foto: Sudiyo
Teks foto: Anggota Pramuka saat foto bersama di Roro Bengkalis.

BENGKALIS, HUMAS – Sempena Hari Ulang Tahun Pramuka ke-57, Kwarcab Bengkalis menggelar kegiatan Bakti Sosial Pramuka Peduli Sampah, yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bengkalis, Kamis (9/8) pagi.

Aksi gotong royong membersihkan sampah tersebut melibatkan seluruh anggota pramuka, baik dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di wilayah Bengkalis.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 hari, dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Adapun rute yang dilalui anggota pramuka tersebut diantaranya, Jalan Antara simpang tiga Ahmad Yani, Jalan Pertanian, Jalan Senggoro Bantan, Jalan Pramuka, Gedung Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis, Roro Bengkalis, Jalan HR. Soebrantas, Rimba Sekampung, Kelapapati laut, Kelapapati Tengah, Pasar Terubuk, Jalan Gatot Subroto.

Selanjutnya Jalan Tandun, Jalan Sri Pulau, Jalan Pattimura, Jalan Diponegoro, Jalan Teuku Umar, Jalan Kelapapati Tengah, Jalan Panglima Minal, Jalan SD 4 Damon, Masjid Jamik, Jalan Hangtuah dan Jalan Pembangunan.

Saat dimintai pendapat mengenai tanggapan tentang kegiatan bakti sosial pramuka peduli sampah, salah satu anggota pramuka asal SMA Al-Amin mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

Pasalnya, kegiatan ini bisa menjadikan pelajaran agar kita tidak membuang sampah sembarangan.

“Dengan membuang sampah sembarangan, sama saja kita merusak lingkungan. Jika ingin lingkungan yang asri dan segar, jagalah lingkungan kita agar terbebas dari sampah,” ucap Saparuddin.

Sementara itu, dari Pramuka MAN 1 Bengkalis mengatakan, pencemaran lingkungan itu disebabkan oleh sampah non organik.

“Akan lebih baik, jikalau sampah non organik itu dikelola menjadi bahan kerajinan dan bisa menambah perekonomian masyarakat. Mari kita lestarikan lingkungan untuk tidak membuang sampah dan bedakanlah mana jenis sampah organik dan mana sampah non organik,” ucap Zaniarti Salwa.

Disisi lain, Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Pramuka Peduli Kwarcab Bengkalis H Muhammad Fadhli saat meninjau kegiatan tersebut mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk menjadikan Bengkalis sebagai salah satu wilayah yang terbebas dari sampah.

“Kita tidak bisa berharap kepada dinas atau PHL saja, jadi, sempena Hari Ulang Tahun Pramuka ke-57 ini, kita ingin anak pramuka ikut serta dalam membersihkan dan menjaga lingkungan disekitarnya,” ujar Muhammad Fadhli yang juga menjabat sebgai Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar